Desain Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Bruner Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii Smpn 1 Labakkang

sadriwanti arifin, Andi Yunarni Yusri

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian desain research yang bertujuan untuk mendesain pembelajaran, dalam hal ini perangkat yang digunakan dengan model pembelajaran kooperatif berbasis teori Bruner pada pokok bahasan kubus dan balok yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Siswa, dan Lembar Kerja Siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labakkang dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Prosedur desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan siklus Mc. Kenney yang dipadukan dengan model Dick & Carey yang meliputi 3 tahap, yaitu Preliminary design, Prototyping phase, dan assessment phase. Perangkat pembelajaran kooperatif berbasis teori Bruner yang telah didesain telah divalidasi dan direvisi tiga kali sehingga layak untuk digunakan. Hasil dari ujicoba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif berbasis teori Bruner bersifat efektif dan praktis, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 76,87 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 12,43. Dimana 24 dari 30 siswa  atau 80% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai; (2) dengan menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif berbasis teori Bruner, siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran ; (3) pada umumnya siswa memberikan respons positif terhadap kegiatan pembelajaran. Jadi berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil desain pembelajaran pembelajaran kooperatif berbasis teori Bruner di kelas VIII SMP Negeri 1 Labakkang  berkualitas. Implikasi dari penelitian ini, disarankan kepada guru matematika SMP kelas VIII untuk mengimplementasikan desain pembelajaran ini pada lingkup yang lebih luas, desain pembelajaran ini dapat menjadi panduan atau contoh bagi guru matematika dalam membuat desain pembelajaran pada materi yang lain dan bagi peneliti di bidang pendidikan matematika yang berminat melanjutkan penelitian ini diharapkan agar mencermati segala kelemahan dan keterbatasan penelitian ini, sehingga penelitian yang dilakukan betul-betul dapat menyempurnakan hasil penelitian ini.


References


Anonim. 2010. “Membuat Belajar Matematika Menjadi Bergairah”. Artikel. Online. (http://swa2007pjj.blogspot.com/2010/09/wahyu-ris-kencana-rini-282007011-to-1_21.html). Diakses tanggal 3 Juni 2018.

Anonim. 2010.“Teori Belajar Bruner”.Artikel. Online. (http://P4matematika.org/downlowds/sd/inisiasipengembanganmatematika.pdf). Diakses tanggal 3 Juni 2018.

Budianingsih Asri, C. 2005. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Asdi Mahasatya.

Dahar, R.W. (1988). Teori-teori Belajar. Jakarta: Departemen P dan K Direktorat Jendral Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Degeng, Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi P2LPTK.

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi, Teori-teori Perkembangan Kognitif dan Proses pembelajaran yang relevan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Hamzah, Uno. 2009. Desain Pembelajaran. Gorontalo: MOS Publishing.

Heruman, 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, M., dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Ismail. 1995. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: Proyek DIKTI.

Lie, A. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Markaban. 2010. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: PPPG Matematika. Online. (http://p4tkmatematika.org/downloads/ppp/PPP_Penemuan_terbimbing.pdf). Diakses tanggal 18 Juli 2018.

Nur, M. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruksivis Dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA.

Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Ratumanan, T G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Rochaminah, Sutji. 2010. ”Penggunaan Metode Penemuan untuk Meningkatkan, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Keguruan”. Makalah. Online. (http://www.puslitjaknov. depdiknas.go.id/ data/file/2010/ makalah_peserta/.pdf). Diakses tanggal 18 Juli 2018.

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pendidikan Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sagala, Syaiful.2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Shadiq, Fadjar. 2010. Geometri. Yogyakarta: PPPG. Online. (http://p4tkmatematika.org/downloads/sd/Geometri.pdf). Diakses tanggal 1 Juli 2018.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan; Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Suriasumantri, J. (2003). Filsafat Ilmu : Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suherman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: IMSTEP UPI.

Soedjadi R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia.Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Depdiknas.

Syarifuddin. 2009. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Matematika. (http://syarifartikel.blogspot.com). Diakses pada tanggal 24 Juli 2018.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI Nomor 2 Tahun 1989) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Sinar Grafika.

Upu, hamzah. 2004. Mensinergikan Pendidikan Matematika dengan Bidang Lain. Makassar: Pustaka Ramadhan.




DOI: https://doi.org/10.47165/alfamath.v1i1.41

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.47165/alfamath.v1i1.41.g47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ALFAmath (Jurnal Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
ALFAmath (Jurnal Pendidikan Matematika), ISSN 2722-8029