Deskripsi Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Kepribadian Siswa Tipe Koleris

Ahmad Budi Sutrisno, Firdha Razak

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya pada materi SPLDV ditinjau dari kepribadian siswa tipe koleris (KO). Subjek penelitian adalah 1 siswa kepribadian choleric (CO) kelas X SMA Negeri 3 Pangkep. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kepribadian, tes pemecahan masalah matematika serta pedoman wawancara. Tes kepribadian digunakan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan kepribadiannya, tes pemecahan masalah akan digunakan untuk menunjukkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis berdasarkan langkah polya, dan pedoman wawancara berisi sejumlah panduan yang bertujuan mengklarifikasi jawaban dan menelusuri proses berpikir siswa secara mendalam. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara dan dianalisis dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek koleris tidak menuliskan secara eksplisit apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, menggunakan metode eliminasi dan substitusi dalam menyelesaikan persamaan, memeriksa hasil jawaban berdasarkan langkah yang dilakukan

Keywords


Pemecahan masalah; personalitas; koleris

References


Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta. Sebelas Maret University Press.

Uno, Hamzah. (2007). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Littauer, Florence. (1996). Personality Plus. Jakarta : Bina Aksara Rupa.

Mustaji. (2013). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran (online), (http://pasca.tp.ac.id/site/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-pembelajaran, Diakses 16 September 2018)

Nuraini. (2012). Berpikir (online),(http://dikhosi.blogspot.com/2012/07/berfikir.html, diakses 16 September 2018).

Polya, G. (1957). How to Solve It : A new Aspect of Mathematical Model. New York : Garden City.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Edisi revisi. Surabaya: Srikandi. Pelajar.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Yuwono, Aries. (2010). Profil Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Zainal, Abidin Muh. (2014). Deskripsi Pemecahan Masalah Matematis Materi Spldv Berdasarkan Kepribadian Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs Universitas Negeri Makassar.




DOI: https://doi.org/10.47165/alfamath.v1i1.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ALFAmath (Jurnal Pendidikan Matematika)