Pengaruh Arus Listrik Terhadap Massa Tereduksi Perak Pada Pengendapan Perak Dengan Metode Elektrodeposisi

Aldina Putriari, Yeti Kurniasih, Ahmadi Ahmadi

Abstract


Logam perak merupakan logam berat yang beracun bila masuk ke tubuh makhluk hidup. Sumber pencemaran logam perak salah satunya berasal dari limbah fixer hasil dari proses fotografi. Diperlukan metode untuk mengambil logam perak tersebut sehingga tidak mencemari lingkungan serta dapat dimanfaatkan kembali secara ekonomis. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah metode elektrodeposisi. Proses elektrodeposisi menggunakan prinsip sistem elektrolisis yaitu menggunakan larutan elektrolit sebagai tempat terjadinya proses perpindahan ion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh arus listrik terhadap massa tereduksi perak pada pengendapan perak dengan metode elektrodeposisi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh arus listrik optimum pada arus 0,04A, dimana dihasilkan massa tereduksi Ag sebesar 41,86% dari penimbangan massa katoda dan 15,33% dari penurunan konsentrasi Ag pada larutan dengan AAS. Aplikasi dari kondisi optimum ini pada limbah foto rontgen diperoleh persen massa tereduksi Ag rata-rata sebesar 17,65% dari penimbangan massa katoda dan sebesar 14,72% dari penurunan konsentrasi Ag pada larutan dengan AAS.


Keywords


Perak, Elektrodeposisi, Arus Listrik. Limbah Foto Rontgen

References


Anonim, 2006. “Peraturan Menteri Energi dan Sumber daya Mineral Nomor : 045.

Djunaidi, M.C., dkk. 2007. “Recovery Perak dari Limbah Fotografi melalui Membran Cair Berpendukung dengan Senyawa Pembawa Asam di-2-Etil Heksilofosfat (D2EHPA)”. Jurnal Jurusan Kimia. 11(2): 98-103.

Kuswati, Hari., dkk. 2003. “Perolehan Kembali Logam Perak dari Limbah Cair Pencucian Film Studio Dibanding Film X-Ray dengan Menggunakan Metode SN Flake.” Jurnal Fakultas Farmasi. 11(2): 46-55.

Mahesti, Dwi. Nurrohmah. 2014. Kajian Recovery Logam Perak dari Limbah Fotografi Menggunakan Asam Organik dari Limbah Buah dan Sayur sebagai Reduktor dan pengaruh Penambahan Gas N2. Tesis Universitas Gajah Mada.

Marwati, Siti. 2013. “Pengaruh Agen Pereduksi dalam Proses Elektrodeposisi terhadap Kualitas Deposit Cu dan Ag.” Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Kimia: 1-5.

Topayung, Daud. 2011. “Perngaruh Arus Listrik dan Waktu Proses terhadap Ketebalan dan Massa Lapisan yang Terbentuk pada Proses Elektroplating Pelat Baja.” Manado : Jurnal Ilmiah Sains. 11(1): 98-101.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v5i1.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aldina Putriari, Yeti Kurniasih, Ahmadi Ahmadi

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.