Akreditasi Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini

Eneng Garnika, Lu'luin Najwa

Abstract


Tujuan utama dari pembelajaran pada anak usia dini, yang dicirikan dengan prinsip belajar melalui bermain adalah seoptimal mungkin menumbuhkembangkan semua potensi yang dibawa anak sejak lahir. Pendidikan pada masa usia dini merupakan tahap awal memberikan dasar-dasar pengetahuan, sikap dan beragam keterampilan bagi anak. Sesuai dengan keunikan dan pertumbuhan anak usia dini, maka penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia dini disesuaikan dengan tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Keberhasilan proses pendidikan pada usia dini menjadi dasar kuatnya proses pendidikan selanjutnya. Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia memiliki peran yang penting dalam memacu peningkatan angka partisipasi anak usia dini yang mengikuti layanan PAUD. Kendala yang masih menghambat pembangunan PAUD antara lain masih kurangnya jumlah satuan layanan PAUD yang berkualitas untuk menjangkau seluruh anak usia dini, kualifikasi dan kompetensi PTK PAUD belum memadai. Dalam mewujudkan peningkatan mutu layanan PAUD, diperlukan optimalisasi setiap potensi dari semua pemangku kepentingan. Beberapa komponen utama yang perlu dioptimalkan diantaranya, peran organisasi profesi seperti HIMPAUDI dan IGTKI, Orsosmas seperti, forum PAUD, GOPTKI, PKK, dll dapat dioptimalkan dalam pengembangan jejaring mutu penyelenggaraan dan pengelolaan satuan PAUD secara lebih efektif dan sistematis. Sedangkan perguruan tinggi dapat dioptimalkan dalam pengembangan riset, laboratorium, pelatihan maupun menjadi pusat-pusat konsultasi pengembangan PAUD.

Kata Kunci: Akreditasi, Kualitas, Pendidikan Anak Usia Dini


References


Asiah, Nor. Siti. (2018). Analisis Manajemen PAUD Berbasis Standar Akreditasi PAUD dan PNF di Kutai Kartanegara. Syamil 6 (1) 51-64.

Eduwara. (2021). Akses Layanan dan Mutu PAUD harus Ditingkatkan. ((EDUWARA/paudpedia.kemdikbud.go.id)).

Gutama. (2007). Pentingnya Akreditasi Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kebijakan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Bultin vol 6 (1) 15-25

Kurnaesih. (2019). Pentingnya Akreditasi Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. https://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id.

Sujiono, N. Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi Revisi Cetakan VIII. PT Indeks: Jakarta.

Yuliantina, Irma. (2020). Pentingnya Akreditasi Satuan PAUD. Badan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal. https://banpaudpnf.kemendikbud.go.id/berita/pentingnya-akreditasi-satuan-paud.

Peraturan dan Undang-Undang

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/U/2022




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v5i1.262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lu'luin Najwa, Eneng Garnika

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.