PENGARUH PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS WHITE BOARD ANIMATION PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 01 PEKAT

Nur Alamsyah, Intan Dwi Hastuti, Rahman Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran video berbasis white board animation pada materi penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 01 Pekat. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu tes, dokumentasi, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, “Ada pengaruh pembelajaran video berbasis white board animation pada materi penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 01 Pekat ”.Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dari hasil perbandingan  <     dengan   yaitu 2,091>1,092 dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan    ditolak.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v6i1.485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Alamsyah, Intan Dwi Hastuti, Rahman Hidayat

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.