Pengembangan Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Matematika Permulaan Kelompok B di TK Islam Yaroja Tahun 2021

Baiq Yona Maesasiba, Muazar Habibi, Ika Rachmayani

Abstract


Permainan congklak adalah permainan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu, papan congklak yang terdiri dari 12 lubang, dengan 10 lubang kecil dan 2 lubang besar sebagai gunungan atau lumbung. Biji congklak yang digunakan adalah 50 (10 x 5) biji yang dinamakan biji congklak . Bermain congklak dapat melatih anak- anak pandai berhitung, melatih emosional dan kemampuan menganalisa. Matematika permulaan adalah pembentukan pengetahuan yang paling mendasar dalam pemikiran anak untuk mempelajari suatu obyek matematika karena kemampuan matematika sangat berguna dalam kehidupan kelak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan pengembangan permainan congklak dapat meningkatkan matematika permulaan anak kelompok B di TK Islam Yaroja. Penelitian ini merupakan peneitian pengembangan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok B sebanyak 8 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneitian ini adalah teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian kelompok B yang dihasilkan adalah nilai pre test sebesar 42,82% dan post test sebesar 90,71% adapun nilai akhir yang didapatkan kelompok B sebesar 47,55% nilai ini masuk dalam kategori tinggi. Sehingga hasi penelitian dengan menggunakan pengembangan permainan congklak dapat meningkatkan matematika permulaan anak kelompok B di TK Islam Yaroja.


Keywords


Matematika permulaan, permainan congklak

Full Text:

PDF

References


Lisa, 2017. Prinsip dan Konsep Permainan Matematika Bagi Anak Usia Dini

Tarigan, Maharani & Khakhim (2019). Upaya Meningkatkan Berhitung Permulaan melalui Permainan Tradisional Congklak untuk Anak Usia Dini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Baiq Yona Maesasiba, Muazar Habibi, Ika Rachmayani

Creative Commons License
PeDaPAUD: Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD, e-ISSN (online) 2828-0369, p-ISSN (cetak) 2828-1748 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.