PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mekianus Umma, Zainal Abidin, Sabrun Sabrun, I Ketut Sukarma

Abstract


Guru matematika dituntut untuk lebih kreatif memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Model problem based learning merupakan suatu strategi pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari mata pelajaran. Adapun permasalah dalam penelitian ini adalah penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN  18 Mataram dengan subyek penelitian kelas VII dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan problem based learning pada tiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari setiap siklus tindakan dimana sebelum adanya tindakan kreativitas belajar siswa hanya 2,67% , sedangkan pada siklus I kreativitas belajar siswa terlihat sebanyak 2,87%, sedangakan pada siklus II kreativitas belajar siswa secara keseluruhan semakin meningkat dibandingkan dengan sebelunya adanya tindakan dan pada siklus II  yang menjadi 85%. Berdasarkan uraian tersebut dapat dinyatakan bahwa penelitian dengan menggunakan metode problem based learnig  dapat memimgkatkan hasil belajar siswa hasil setiap siklus pada kelas VII SMPN 18 Mataram.

Kata Kunci: Problem Based Learnig(PBL), Hasil belajar




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v3i2.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 zainal abidin, zainal abidin

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.