Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus Untuk Kelas X SMK/MAK

Meta Sartika, Nahor Murani Hutapea, Maimunah Maimunah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning pada materi aturan sinus dan cosinus kelas X SMK/MAK. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen validitas dan praktikalitas. Instrumen validitas berupa lembar penilaian validasi untuk menilai kevalidan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LKPD. Instrumen praktikalitas berupa angket respon peserta didik untuk menilai keterbacaan LKPD. Perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan divalidasi oleh tiga validator. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada peserta didik SMKN 2 Guguak. Hasil analisis data kevalidan diperoleh nilai rata-rata untuk silabus, RPP dan LKPD berturut-turut 3,73; 3,79; dan 3,56 yang dikategorikan sangat valid. Hasil analisis data kepraktisan LKPD pada uji coba kelompok kecil adalah 3,73 dengan kategori sangat praktis. penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis model problem based learning pada materi aturan sinus dan cosinus meliputi silabus, RPP dan LKPD yang valid dan LKPD yang praktis

Kata Kunci: Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Model Problem Based Learning; 4-D


References


Anas Sudijono. 2011. Pengantar Statistika Pendidikan. Rajawali Press. Jakarta

Akbar, Sadun. 2013. Istrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Armis & Suhermi. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas VII Semester 1 SMP/MTs Materi Bilangan dan Himpunan, Al-Khawarizmi”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 52-42

Astuti & Sari N., 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA”. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13-24

Daryanto dan Dwicahyono, Aris., 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Hesti Cahyani., 2017. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika X. Universitas Negeri Semarang.

Ibnu Badar, Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prena media group.

Karunia Eka Lestari dan Mokhammad Ridwa Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Kreano. 3(1): 59-72

Sa’dun Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saloom RD Sihombing. 2016. Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi, (online). http://www.ilmu.tk/2016/model-model-pembelajaran-k-13-revisi.html. (Diakses pada 14 Agustus 2020)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumartini, T. S. 2015. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa”: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Syurya, Indah, Hobri dan Arika. 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA Berstandar NCTM (National Council Of Teachers Of Mathematics)”. Skripsi Online, Universitas Jember.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Kencana

Yuni Kartika. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemahaman Matematis Siswa”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v3i2.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 meta sartika, Nahor Murani Hutapea, Maimunah maimunah

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.