KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN DAN INOVASI PESERTA DIDIK ABAD 21

Hariadi Ahmad, Nuril Furkan

Abstract


Setiap individu memiliki cara-cara tersendiri dalam menghadapi masalah, cara tersebut dipengaruhi oleh faktor belajar dan pengalaman. Pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif didasarkan kepada upaya pencapaian tugas-tugas perkembangan, perkembangan potensi, dan penguasaan masalah-masalah konseli. Konselor di tuntut harus mempunyai sosok kompetensi konselor yang utuh yang mencakup kopetensi akademik dan profesional sebagai satu keutuhan yang merupakan landasan ilmiah dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling. Keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan merupakan kemampuan individu dalam mengidentifikasi masalah, mengklarifikasi masalah, mengetahui sebab-akibat masalah, mengambil keputusan, menyampikan pilihan, berani mengambil dan menerima resiko. Langkah-langkah dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yaitu: Kesadaran akan adanya masalah, mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah, mencari alternatif pemecahan, mempertimbangkan alternatif dan membuat pilihan, menerapkan pilihan, dan mengevaluasi pilihan.


References


ABKIN. 2007. Rambu-Rambu Penyelengaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Ahmad. H dan Aluh. H. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. Mataram. LPP Mandala.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta.

DuBrin, A, J. 2009. Human Relations Interprersonal Job Oriented Skills. Tenth edition. New jersey. Pearson Prentice Hall.

DuBrin, A, J. 2011. Human Relations for Career and Personal Sucess, Consepts, Application, and Skill. Boston. Pearson Prentice Hall.

Van Reusen, A. K. 1996. The Self-Advocacy Strategy for Education and Transition Planning. Journal Intervention in School and Clinic. Vol. 32. No.1. 49 – 54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.