Analisis Semiotika Komunikasi Pada Film Imperfect Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Luwuk Kabupaten Banggai

Ismawati Doembana, Siska Mahmud

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Analisis Semiotika Komunikasi Pada Film Imperfect Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Luwuk Kabupaten Banggai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tiga cara yakni dengan observasi (pengamatan), kuesioner, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah Skala Likert. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah mahasiswa yang aktif, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Luwuk Kabupaten Banggai yang berjumlah 128 orang. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin yang berjumlah 33 orang sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis Semiotika Komunikasi Pada Film Imperfect Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Luwuk Kabupaten Banggai menunjukkan kategori sangat baik yaitu dengan persentase 90%.



DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v5i2.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ismawati Doembana, Siska Mahmud

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.