Pengembangan Media Gambar Kartun dari Kulit Jagung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Subtema 3 Kelas II Sekolah Dasar

Suci Purna Ningsih, Intan Dwi Hastuti, Sukron Fujiaturrahman

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yaitu media gambar kartun dari kulit jagung untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 8 subtema 3 kelas II SDN 2 Badrain yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Untuk tahap uji coba terbatas dilaksanakan di kelas II SDN 2 Badrain dan tahap uji coba lapangan dilaksanakan di kelas II SDN 1 Badrain. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk pengembangan media gambar kartun dari kulit jagung ini mendapat nilai rata-rata hasil validasi ahli media 0,77% (valid), ahli materi 0,84% (sangat valid). Adapun hasil dari uji coba terbatas mendapat nilai rata-rata 82,4% dikategorikan (praktis), sedangkan hasil dari uji coba lapangan memperoleh skor N-Gain 80,87% dan dikategorikan (sangat efektif). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media gambar kartun dari kulit jagung untuk meningkatkan hasil belajar siswa ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan pada pembelajaran Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Media Gambar Kartun Dari Kulit Jagung, Hasil Belajar, Research and Development (R&D).


References


Daftar Pustaka

Azhar Arsyad 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Gani, A. A., & Saddam, S (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 36-42.

Isnaini., I., Humaira, H., Muhamad, S., & Saddam, S. (2020). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar Dengan Metode Diskusi Kelompok. IJTIMAIYA, 4(1), 18-26.

Julaifah, N., & Haifaturrahmah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Daasr. Journal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 44-48.

Priatna, A., & Setyarini, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147-159.

Rosyid, M.Z, Sadiyah, H. Septiana, N 2019Ragam Media Pembelajaran, Sumedang Literasi Nusantara.

Sugiyono,2019: Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,kualitatif,dan R&D Bandung:CV Alfabeta.

Safei, M. (2011). Media Pembelajaran. Makassar: Alaudin University Press.

Saddam, S. (2019a). Integrasi Nilai-NilaiKonsevasi Habituasi Kampus Melalui Kegiatan Nonakademik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 20-28.

Saddam, S. (2019b) Integrasu Nilai-Nilai Konservasi Habituasi Kampus Universitas Negeri Semarang Melalui Kegiatan Akademik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 27-34. Saddam, S., Setyowati, D.L., & Juhadi, J. (2016). Integrasi Nilai-Nilai Konservasi dalam Habituasi Kampus Untuk Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Journal of education Social Studies, 5(2), 128-135.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v5i2.444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suci Purna Ningsih, Suci Purna Ningsih

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.