Perancangan UI/UX Aplikasi Variety off Food Layanan Penjualan Makanan Secara Online Menggunakan Aplikasi Figma

Febrian Trio Pamungkas

Abstract


Aplikasi Variety Off Food adalah sebuah platform yang menyediakan transaksi jual beli makanan dan minuman secara online yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mencari dan membeli berbagai jenis makanan dari berbagai restoran dan penjual yang terdaftar di dalam aplikasi. Aplikasi ini juga akan menyediakan fitur-fitur seperti penilaian dan ulasan, pemilihan menu berdasarkan preferensi pengguna, serta pilihan pembayaran yang aman dan nyaman. Pembuatan desain UI/UX prototype aplikasi Variety Off Food ini penulis memberikan solusi untuk merancang desain sebuah aplikasi Variety Off Food dengan UI/UX yang menarik, elegan dan minimalis dan serta kekinian sehingga menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan, intuitif, dan efisien sangat penting untuk meningkatkan adopsi pengguna dan mempertahankan kepuasan mereka. Dalam merancang prototype tampilan aplikasi perancangan prototype menggunakan software editing Figma dan untuk melakukan pengujian terhadap prototype yang telah dibuat menggunakan metode blackbox testing. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode blackbox testing, aplikasi Variety Off Food berjalan dengan baik 100 % valid sesuai harapan dan tidak ada cacat.


Keywords


UI/UX, Desain, Prototype, Aplikasi, Teknologi

References


DAFTAR PUSTAKA

Jungherr, A. In “Social Theory after the Internet,” Ralph Schroeder provides a theory of social change driven by digital media extending across politics, culture, and the economy. He.

Landa, R. (2012). Essential graphic design solutions. Cengage Learning.

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan UI/UX Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208-219.

Nurdyansyah, N. (2017). Sumber daya dalam teknologi pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Suryaningsih, S., Riandika, Y. A., Hasanah, A. N., & Anggraito, S. (2020). Aplikasi Wakaf Indonesia Berbasis Blockchain. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 20-29.

Nasution, W. S. L., & Nusa, P. (2021). UI/UX design web-based learning application using design thinking method. ARRUS Journal of Engineering and Technology, 1(1), 18-27.

Nurlifa, A., & Kusumadewi, S. (2014). Analisis Pengaruh User Interface Terhadap Kemudahan Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan Seorang Dokter. Prosiding Snatif, 333-340.

Yanuarti, E. (2017). PrototypeSistem Informasi Seleksi Penerimaan Pegawai Tugas Belajar, 3(2), 36–41.

Utama, B. S. (2020). Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Website Cosmic Clothes. Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia, 7–18.

Galitz, W. O. (2002). The Essential Guide to User Interface (R. Elliot (ed.)). Robert Ipsen.

Anggara, D. A., Harianto, W., & Aziz, A. (2021). Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean Ux. Kurawal-Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, 4(1), 58-74.

Pramudita, R., Arifin, R. W., Alfian, A. N., Safitri, N., & Anwariya, S. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian, 3(1), 149-154.

Susilo, E., Wijaya, F. D., & Hartanto, R. (2018). Perancangan dan evaluasi user interface aplikasi smart grid berbasis mobile application. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 7(2), 150-157.

Puspita, R. (2020). Pengembangan prototipe aplikasi community aggregator beskem dengan pendekatan ucd menggunakan balsamiq mockup dan FIGMA (studi kasus: PT Mozaik Bintang Persada) (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Syafi'i, M. (2021). TA: Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Pemesanan Dekorasi Pernikahan pada UKM MNDecoration Menggunakan Metode LEAN UX (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Valentino, D. E. (2019). Pengantar Tipografi. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 6(2), 152-173.

Nisah, A. K., & Ajie, H. (2021). Perancangan berbasis User Experience pada Modul Admin Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Jakarta. PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 5(2), 56-64.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v6i1.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Febrian Trio Pamungkas

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.