Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Gamping

Azizah Azis, Farida Setiani, Suci Rahmawati, Alfian Anhar, Windy Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi bilangan pecahan untuk siswa SMP kelas VII dan untuk mengetahui kualitas LKS ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan LKS mengikuti prosedur ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Kualitas LKS dideskripsikan berdasarkan hasil penelitian kevalidan isi LKS oleh ahli materi dan ahli media. Aspek kepraktisan LKS diukur menggunakan hasil penilaian angket respon siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan untuk mengukur aspek keefektifan LKS menggunakan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika. LKS berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dikembangkan dengan prosedur ADDIE dan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. LKS dinyatakan valid oleh ahli materi dengan skor rata-rata 3,3 dan ahli media dengan skor rata-rata 3,1 yang termasuk kriteria baik. LKS dinyatakan praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor angket respon siswa sebesar 2,9 yang termasuk kriteria baik dan ditunjukkan oleh rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 21,5 yang termasuk kriteria sangat baik. LKS dinyatakan efektif dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang memperoleh rata-rata ketuntasan dari keseluruhan indikator kemampuan pemahaman konsep matematika sebesar 73,02 yang termasuk kriteria baik.


Keywords


lembar kerja siswa, pendekatan saintifik, kemampuan pemahaman konsep matematika

References


Abdul Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Astan dan Ghazali. 2013. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi bilangan (Pecahan). Jurnal ISBN: 978-979-16353-9-4.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kiurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Eko Putro Widoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah B. Uno dan Satria Koni. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Luthfi Nur Azizah. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Musfiqon dan Nurdyansyah .2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoharjo: Nizamia Learning Center




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v6i1.510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Azizah Azis, Farida Setiani, Suci Rahmawati, Alfian Anhar, Windi Lestari

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.