ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN SMPN 3 NARMADA DITINJAU DARI PETA KOGNITIF

Nellyda Andriani, Sutarto Sutarto, Baiq Rika Ayu Febrilia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi keliling dan luas lingkaran SMPN 3 Narmada ditinjau dari peta kognitif. Penelitian dilakukan di SMPN 3 Narmada. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 subjek di kelas IX C SMPN 3 Narmada. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Analisis data mengacu pada pendapat Miles dan Huberman adalah reduksi data, analisis data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi siswa sebagai berikut: kesulitan memahami soal yaitu siswa tidak bisa mengubah soal kedalam bentuk matematika, kesulitan merencanakan penyelesaian yaitu siswa tidak bisa menemukan langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan soal, kesulitan melaksanakan perencanaan yaitu siswa sering melakukan kesalahan dalam menggunakan pengoperasian perkalian dan pengurangan, kesulitan dalam memeriksa kembali solusi yang diperoleh yaitu siswa tidak bisa menyelesaikan permasalahan secara tepat dan hasil jawaban akhir tidak sesuai dengan konteks soal.

References


Ardiyanti., Bharata, H., & Yunarti, T.

(2014). Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(7).

Arifin, Y, T. (2011). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pokok Lingkaran dengan Panduan Kriteria Watson. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Esterberg, K, G. (2002). Qualitative Methods In Social Research. New York: MC Graw Hill.

Eva, W, M. (2011). Analisis Kesalahan Siswa di Kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Kanisius Pakem dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Topik Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: Universitas Senata Dharma.

Gafoor, K, A., & Kurukkan, A. (2015). Learner and Teacher Perception on Difficulties in Teaching Mathematics: Some Implications. Nasional Conference on Mathematics Teaching-Approacher and Challenges. 4(1), 233-242.

Hadar, M, N., Zaslavsky, O., & Shlomoinbar. (1987). An Empirical Classification Model For Errors in High School Mathematics. Journal For Research In Mathematics Education, 18(1), 3-14.

Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Jurnal Pendidikan, 1.

Imawati, T. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Luas dan Keliling Lingkaran di Kelas VIII E SMP Negeri 2 Jatinom. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Ghalia Indonesia: Bogor.

Juliyanti (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan pada siswa kelas IV di SD Negeri se-gugus lodan semarang utara. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kusumaningtyas, Yoga, D. (2014). The Implementation Of Cooperative Learning Based on Newman’s Error Analysis Procedures to Improve Students Mathematical Learning Achievement. Prosiding Konferensi Nasional Matematik. XVII – 2014, ITS.

Lestari, A. P., Hasbi, M., & Lefrida, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Lingkaran di SMP Al-azhar Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 3(04).

Miles, M, B., Huberman, M, A. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourccebook Of New Methods. London: Sage Publications.

Negoro, ST., & Harahap, B. (2014). Ensiklopedia matematika. Bogor: Ghalia Indonesia.

Polya, G. (2014). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Methods. New Jersey: Princeton University Press.

Pratikipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education. 9(1): 111-122.

Robert, A. (1988). Error Patterns In Computation. New Jersey: Prentice Hall.

Sari, A, W. (2015). Analisis Kesulitan dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Lingkaran Menurut Taksonomi Bloom Ditinjau dari Ranah Kognitif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung . IAIN Tulungagung: Tulungagung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Sutriningsih,N. (2015). Pembelajaran lingkaran Melalui Strategi Pemecahan Masalah Sistematis. STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

Tampomas, H. (2006). Matematika Plus SMP Kelas VIII Semester Kedua. Yudhistira.

Trapsilasiwi, D., Setiawani, S., & Ummah, I. K. (2017). Analisis Kesalahan Pengolahan Matematika dalam Menyelesaiakan Masalah Lingkaran. Pancaran Pendidikan, 5(4), 159-168.

Ugi, L. E. (2016). Analisis Kesalahan Siswa pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Alternatif Pemecahannya. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 34-50.

Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(01), 1-8.

Utami, N, D. (2017). Kesulitan pada Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau dari Level Berpikir. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Wibowo, A, T. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII C dan VIII F SMP Negeri 2 Piyungan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Zahara, A. C., Hastari, R. C., & Ma’ruf, H. F. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pogalan Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Inspirasi Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 13(3).




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v2i1.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nellyda Andriani, Sutarto Sutarto, Baiq Rika Ayu Febrilia

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.