PEMETAAN KEBUTUHAN GURU DI KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBURAYA BERBASIS SISTEM INFORMASI DAN GEOGRAFIS (SIG)

Ryan Permana, Chandra Lesmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan guru dijenjang SDN di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Dan (2) memberikan pemetaan kebutuhan guru di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG).  Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. yaitu dengan cara mengumpulkan dan menyusun data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Pengumpulan dan penyusunan data melalui observasi dan wawancara ini dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Dalam penelitian ini, triangulasi digunakan untuk mendapatkan keakuratan data menggunakan berbagai cara, prosedur, dan metode agar data yang diperoleh dapat dipercaya kebenarannya. Beberapa macam triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah: data triangulation dan situational triangulation. Hasil penelitian ini (1) bahwa terdapat beberapa SDN yang membutuhkan guru, dan juga terdapat beberapa SDN yang mengalami kelebihan guru. Hal ini menyatakan bahwa penempatan guru-guru SDN tidak merata. (2) Informasi pemetaan kebutuhan guru menggunakan aplikasi Arc View. Dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa koordinat SDN yang memiliki informasi kebutuhuan, kekurangan, serta kelebihan guru dari seluruh SDN di Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.


References


Hartani. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Intan. P.(2007). Aplikasi SIG Untuk Penyusunan Basisdata JaringanJalan Di Kota Magelang. Tugas Akhir Program Survey dan PemetaanWilayah Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Juhadi dan Dewi Liesnoor Setiyowati. 2001. Desain dan Komposisi PetaTematik. Semarang: Pusat Pengkajian dan Pelayanan Sistem Informasigeografis, Geografi UNNES.Martin. J.B, Vasantha. K., and Joseph. R. (2012). Using Geographic Information System (GIS) For Spatial Palnning and Enviromental Management in India: Critical Considerations. International Journal of Applied Science and Technology. 2, 40-54.

Nigel. F. & Caesar. A. (2009). CAQDAS-GIS Convergence: Toward a New Integrated Mixed Method Research Practice. Journal of Mixed Methods Research. Volume 3 Number 4. pp 349-370.

Sisca. F. (2013). Persepsi Mahasiswa Program Studi Kependidikan Universitas Pendidikan Indonesia Terhadap Program Pasca Sarjana Di Daerah Terdepan, Terluas, dan Tertinggal. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tim Penulis. (2011). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Bersama tentang Penataan dan Pemerataan Guru PNS.

Vasilis. K& Costas.D. (2003). An Analysis of the Discursive Transitions across Different Modalities of the Pedagogic Discourse. Internation Journal of Learning. Volume 10. pp 3264-3274.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v2i2.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ryan Permana, Chandra Lesmana

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.