PENINGKATAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU MATEMATIKA MELALUI PERANCANGAN RPP BERKERANGKA KERJA ELPSA

Zainal Abidin, Sabrun Sabrun

Abstract


Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan seseorang sangat ditentukan oleh seberapa besar kualitas pengetahuan dan kemapuan dalam mempersiapkan RPP pada setiap proses pembelajaran yang dilaksanakan. Kurangnya kualitas dan kesesuaian persiapan guru dalam merencanakan pembelajaran sebelum memulai kegiatan belajar mengajar mengakibatkan kualitas pembelajaran tidak maksimal. Hal ini memotivasi peneliti untuk meningkatkan kualitas perencanaan pengajaran dengan kerangka ELPSA. Kerangka ELPSA merupakan kerangka pembelajaran yang menarik bagi siswa, karena lebih menekankan pada pentingnya interaksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan komunikatif karena kreatifitas guru yang ditonjolkan untuk menciptakan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dalam upaya meningkatkan kemampuan Pedagogical Conten Knowledge (PCK) Mahasiswa calon guru Matematika. Data didapatkan dari telaah RPP berkerangka ELPSA dan analisis video penerapan RPP yang dihasilkan dalam proses pembelajaran mahasiswa calon guru di dalam kelas. Dan dari hasil telaah RPP dan analisis vidio didapatkan persentase keberhasilan 86,61% untuk data telaah RPP dan 90,21% dari telaah dan analisis video pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan Perancangan RPP Berkerangka kerja ELPSA dapat meningkatkan kemampuan pedagogical Content Knoledge (PCK) pada calon guru matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram.

References


Bariyah, L., & Dkk. (2014). Analisis kesesuaian rpp dan pelaksanaan pembelajaran guru. Bio edu , 2, 2.

Dahar, R.W & N. Siregar (2000). Pedagogi Materi Subyek: Meletakkan Dasar Keilmuan dari PBM. Disampaikan pada Seminar Staf Dosen FPMIPA dalam Rangka Mensosialisasikan Pedagogi Materi Subyek .

Hariyanto, F. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan RPP Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan “Bloom’s Taxonomy Cognitive Domain Learning Stages” pada Mahasiswa Semester VI FKIP Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Inspirasi Pendidikan , 4, 423.

Hastuti, I. D., & Sutarto, S. (2017). KARAKTERISTIK PERGESERAN AKTIVITAS METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 449-459.

Kasim, K. M. A., Sutarto, S., Agusfianuddin, A., & Syahrir, S. (2018, March). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segitiga Kelas Vii Smpn 2 Pujut. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (pp. 271-277).

Lowrie, T., & Patahuddin, S. M. (2015a). ELPSA as a lesson design framework. Journal on Mathematics Education, 6(2), 1-15.

Lowrie, T., & Patahuddin, S. M. (2015b). ELPSA – Kerangka kerja untuk merancang pembelajaran matematika. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 94-108.

Marlina, E. (2015). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Elpsa Yang Dimodifikasi Cergam Dan Tps. Equivalen jurnal pendidikan matematika , 3, 191.

Sidik, L. M. (2015). Upaya meningkatkan kompetensi guru bahasa indonesia dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) berdasarkan kurikulum 2007 melalui pola pendampingan berbasis mgmp. Ilmiah ikip mataram , 2, 500.

Wiyana. (2013). Pengaruh Pengetahuan KTSP dan Pendidikan terhadap Kemampuan Menyusun RPP Guru SD. jurnal teknologi pendidikan , 1 (2), 242.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v2i2.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Zainal Abidin, Sabrun Sabrun

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.